Cara Mudah Menangkap Musang liar

Musang atau luwak merupakan salah satu binatang yang aktif pada malam hari. Pada malam hari musang biasanya keluar dari sarang dan berkeliling untuk mencari mangsa makanan. Musang termasuk binatang pemangsa daging dan tumbuhan seperti ayam, ular, tikus dan aneka buah-buahan. Di kegelapan malam musang biasanya berkeliaran di atap-atap rumah, pohon dan tak jarang juga berada di tanah. Musang liar sangat sensitif terhadap kehadiran manusia dan jika mengetahui ada kehadiran manusia maka musang dengan cepat berlari untuk menghindar.

Musang adalah binatang pemanjat yang ulung serta memiliki taring dan struktur kuku yang tajam. Dengan kondisi ini membuat musang dengan mudah berburu di malam hari. Bahkan terkadang ternak ayam milik warga masyarakatpun tak luput dari sasaran. Tak heran karena kebiasaannya yang hobi mencuri ternak membuat masyarakat terkadang kesal dengan kehadiran musang.
 
Meskipun memiliki kebiasaan memangsa ayam ternak, ternyata musang juga memiliki manfaat salah satunya adalah membantu dalam proses pembuatan kopi yang sangat terkenal hingga saat ini yaitu Kopi Luwak. Kopi luwak di hasilkan dari biji kopi yang dimakan oleh musang atau luwak. Biji yang dimakan lalu di keluarkan melalui anus luwak dimana sebelumnya biji kopi telah melalui proses permentasi di lambung luwak.
Manfaat lain dari musang adalah sebagai hewan peliharaan. Bahkan saat ini telah ada komunitas pencinta musang di mana musang yang di pelihara telah jinak.
 
Bila di lingkungan anda terdapat musang dan tertarik untuk menangkap musang atau menjerat musang entah itu untuk tujuan di pelihara ataupun tujuan lain maka anda dapat mencoba menangkap dengan menggunakan jebakan khusus musang. Sebenarnya banyak cara yang dapat dilakukan untuk menangkap musang mulai dari menggunakan anjing berburu, menembak dan yang terakhir menggunakan perangkap khusus musang.

Contoh Perangkap Musang

 
Penggunaan perangkap musang untuk menangkap musang adalah pilihan terbaik dan paling efektif karena musang yang di dapat masih dalam keadaan hidup dan tanpa cacat luka sedikitpun. Untuk menangkap musang menggunakan perangkap simak tahapan berikut:

Alat Untuk Menjebak Musang

  1. Perangkap musang, Untuk perangkap anda dapat mencoba untuk mencari di toko-toko hewan tradisional atau mencoba membuat sendiri perangkap. Membuatnya sangat mudah karena perangkap ini seperti perangkap tikus hanya saja ukurannya beberapa kali lebih besar dari perangkap tikus. Untuk memulai membuatnya persiapkan perangkap tikus sebagai contoh dan beberapa kawat dan besi sebagai dinding perangkap.
  2. Umpan, agar musang tertarik memasuki sarang maka di perlukan umpan sebagai pemancing. Musang merupakan pemakan aneka buahan dan daging untuk itu anda dapat memberi umpan berupa pisang, pepaya, mangga ataupun potongan daging ayam.

Proses Penjebakan Musang

  1. Mulailah meletakkan perangkap saat matahari terbenam atau keadaan sudah mulai gelap sekitar jam 7 malam.
  2. Amati tempat mana yang biasa di lalui musang seperti area atap rumah dan pohon-pohon di sekitaran rumah
  3. Letakkan perangkap yang telah di pasangi umpan di area yang telah di tentukan.
  4. Lakukan pengecekan terhadap perangkap secara rutin namun alangkah baiknya pengecekan di lakukan dengan cara mengamati dari kejauhan sehingga tidak membuat takut musang seandainya ada di area sekitaran perangkap.
  5. Bila beruntung, maka anda akan mendapati musang telah terkurung di perangkap yang telah di buat.

Selanjutnya terserah anda mau di apakan, entah itu dijadikan sebagai hewan peliharaan ataupun dapat juga di jual ke toko-toko hewan. Di kota-kota besar bahkan musang banyak di cari sebagai hewan peliharaan, hal ini terbukti dengan adanya komunitas pecinta musang.
Facebook CommentsShowHide

5 komentar

Pak.
Bisa bantu saya ga tangkap musang yg hampir setiap malam tidur di atas plafon /bawah atap rumah saya.

Anda ada jebakan?

Tolong hubdungi saya di
dolreichfernandes@gmail.com

Balas

Jika ada musang di sekitaran rumah anda bisa hubungin nomer dibawah ini
0895-0847-9088 via whatsapp
Terima kasih
Lokasi parung panjang Bogor

Balas

Kalau ada yg punya perangkap musang boleh saya pinjam ga ya.. Nanti saya kembalikan bersama hasil perangkapnyai 😁 Tks..

Balas

Terima kasih untuk yang sudah berkunjung ke blog ini

Balas

Apa bila umpannya kita pegang dengan tangan langsung apakah dia mau memakannya?

Balas