Mengenal Lebih Dekat Musang Rinjani / Musang Lombok

Paradoxurus hermaphroditus rinjanicus bahasa latin dari Musang Rinjani atau Musang Lombok merupakan mamalia atau hewan menyusui yang termasuk dalam golongan Viverridae. Hewan ini merupakan salahsatu hewan endemik Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Musang Rinjani atau ujat dalam bahasa suku sasak merupakan subspesies dari Musang Luwak atau Paradoxurus hermaphrodites.

Sebagai hewan yang hidupnya tergantung kepada hutan  Musang Rinjani populasinya terancam karena habitatnya yang terganggu oleh aktivitas manusia. Hewan ini terus diburu karena dianggap hama oleh petani karena memakan ternak unggas dan buah-buahan hasil pertaniannya.

Saat hutan sebagai habitatnya semakin berkurang menyebabkan hewan ini harus berbagi tempat dengan manusia. Dirasa hutan tidak lagi bisa menyediakan makanan yang cukup, hewan ini sering kepemukiman untuk mendapatkan makanan. Hal inilah yang menyebabkan Musang Rinjani menjadi sasaran perburuan para petani.
 

Ciri Fisik Musang Rinjani

Gambar Musang Rinjani

Secara fisik tidak ada perbedaan antara Musang Rinjani dengan Musang Luwak lainnya, yang membedakan hanya pada warna yang lebih dominan hitam dari kepala sampai ujung ekor baik dengan atau tanpa corak yang biasa didapati pada Musang Luwak lainnya.

Masalah populasi Musang Rinjani hampir sama dengan Musang Luwak dari belahan dunia lainnya, yaitu perburuan karena dianggap hama, diambil bagian tubuhnya untuk dijadikan bahan pakaian ataupun dikonsumsi.

Menjadikan Musang Rinjani Sebagai Hewan Peliharaan

Saya tertarik untuk menjadikan Musang Rinjani sebagai peliharaan, seperti jenis musang lain dan hewan peliharaan umumnya hewan ini bisa dijadikan hewan peliharaan. Musang dapat jinak dan mengenal pemiliknya bahkan sifat liarnya dapat dikurangi dan dapat mudah beradaptasi dengan orang lain. Secara perawatan, sama mudahnya dengan seperti anjing atau kucing.

 
Saya berharap bisa mengembang biakan musang ini, dan menjaga keaslian dengan tidak mengawin silangkan dengan subspesies musang luwak lainnya. Saya menganggap selain pentingnya untuk menjaga agar hewan ini tidak punah juga menjaga keaslian beragamnya jenis musang yang ada di Indonesia.
Facebook CommentsShowHide

0 komentar